Mutakhirkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemprov Sulbar, Dinas Kominfo rencanakan Pengembangan Fasilitas infrastruktur pendukung DC, NOC, SOC dan DRC

Mutakhirkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemprov Sulbar, Dinas Kominfo rencanakan Pengembangan Fasilitas infrastruktur pendukung DC, NOC, SOC dan DRC

MAMUJU -- Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berbasis pada sistem komputer memiliki 3 pilar utama dalam menjalankannya: Hardware (Proses), Software (Platform) dan Brainware (People). Ketiga, pilar itu mesti dibangun dan dikembangkan secara simultan agar keberadaan TIK dapat berdampak baik pada modernisasi kemajuan dan efisiensi setiap organisasi.

 

Dihubungi pada 13 Mei 2024, Kadis Kominfopers Mustari Mula mengatakan Ketiga pilar sistem digitalisasi pada Pemprov Sulbar tersebut sedang dibangun dan dikembangkan secara terus menerus dan terkhusus untuk hardware sebagai perangkat prosesing, direncanakan pengembangan Data Center (DC), Network Operation Center (NOC) dan Disaster Recovery Center (DRC) yang berkelanjutan. 

 

"Pembangunan fasilitas pendukung TIK yang baru nanti juga akan dibuat Security Operation Center (SOC) untuk pemenuhan fasilitas cyber security. Seluruhnya merupakan kebutuhan urgen sebagai standar modernisasi fasilitas pendukung pengembangan TIK dan SPBE Pemprov. Sulbar".

 

Pelaksanaananya akan dikerjakan bertahap mulai tahun 2024 hingga terpenuhinya semua fasiltas utama, perangkat dan peralatan yang dibutuhkan. Secara perlahan target ini diharapkan akan mensupport implementasi rencana mewujudkan birokrasi Sulbar yang berkelas. Pembangunan dan pemilihan teknologinya tentu disesuaikan skala kebutuhan Pemprov. Sulbar dan kemampuan anggaran yang disediakan" ungkap Mustari.

Kabid Layanan e-Government, Muhammad Ridwan Djafar menjelaskan bahwa Data Center (DC) atau lebih dikenal dengan pusat data merupakan ruangan yang dirancang khusus untuk tempat penyimpanan file, informasi kinerja, hingga server komputer dari setiap organisasi yang biasanya terhubung dengan jaringan internet. 

 

"Data center merupakan fasilitas yang menyediakan akses ke aplikasi dan data menggunakan infrastruktur jaringan komputer, sistem penyimpanan, dan komputasi. Teknologi ini membantu instansi untuk merakit, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi dalam jumlah besar." Jelas Ridwan

 

Selain itu, Ridwan juga menjelaskan bahwa Network Operation Center (NOC) merupakan tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi secara riel time. 

 

NOC menjadi salah satu kebutuhan organisasi, untuk memonitor kondisi dan fungsi infrastruktur TIK (Jaringan dan Data Center), agar sesuai dengan ekpektasi kinerja terhadap IT. Mengatasi segala jenis gangguan teknis dalam jaringan, Mengatur dan mengelola aliran lalu lintas data dan Manajemen kapasitas jaringan.

 

"NOC sendiri merupakan sebuah ruang kendali yang bertanggung jawab dalam melakukan pemantauan, pengoperasian dan pencatatan segala jenis aktivitas dalam jaringan

 

Untuk Security Operation Center (SOC), merupakan fasilitas yang terdiri dari komponen penting dalam mendukung keamanan jaringan atau IT security sistem organisasi. Sasarannya, SOC untuk mendeteksi, menganalisis, dan menanggapi insiden keamanan siber menggunakan kombinasi solusi teknologi dan serangkaian proses." tuturnya

 

SOC adalah pusat komando keamanan siber yang bekerja untuk menjaga server organisasi dari serangan online. Di dalamnya diungkapkan Ridwan, ada tim ahli yang sangat paham tentang cyber security dan memiliki kemampuan khusus yang spesifik.

 

"Mereka melakukan beberapa tugas penting, seperti mencegah, mendeteksi, menganalisis, dan mengatasi masalah keamanan siber yang mungkin mengancam sistem dan data organisasi." tambah Ridwan

 

Sedangkan untuk DRC adalah singkatan dari Disaster Recovery Center, yaitu lokasi alternatif yang digunakan untuk memulihkan data dan sistem bisnis yang terganggu akibat bencana. Sesuai dengan namanya, DRC adalah tempat yang dapat menjalankan segala upaya pemulihan bencana. 

 

Penulis : Dinas Kominfo

Editor : humassulbar

Categories